Sabtu, 05 Januari 2013

Kritis dan Kreatif

Dua buah kata yang tak asing, mudah dan sering diucap, artipun sepertinya faham. Namun ternyata penerapan dan pelaksanaan terhadap diri tak semudah menghafalnya. Kemalasan kita untuk berfikir karena menganggap sesuatu adalah sebuah kelumrahan dan kebiasaan yang memang sudah biasa terjadi setidaknya menjadi penghambat otak untuk senantiasa melahirkan sebuah kreatifitas.

Nampaknya memang perlu mengubah pola berfikir pasif menjadi aktif, kritis terhadap segala hal yang terjadi. Berpikir kritis berarti berpikir secara cepat dan rasional sebagai bentuk tanggapan terhadap lingkungan sekitar sehingga dapat memecahkan masalah dengan baik dan membawa manfaat.
Sebagian dari kita masih jauh sekali dengan budaya tersebut, sangat jarang memikirkan hal-hal sepele yang sebenarnya sangatlah membawa manfaat dan ilmu jika dikritisi. Karena kita semua menganggap bahwa itu adalah hal yang sudah biasa terjadi dan memang sewajarnya seperti itu terjadi. Contoh kasus, ketika kita makan, sebagian dari kita tak pernah memikirkan sampa mendetail tentang segala proses yang terjadi pada kegiatan "makan". Karena sudah terbiasa semua hanya menganggap seperti itulah makan, mencari makanan, mengunyah dan menikmatinya dalam mulut, menelan dan keluar menjadi kotoran. Tidak ada yang berfikir darimana asal makanan itu, siapa yang membuat, kok bisa jadi seperti itu, proses pencernaan seperti apa, sampai kemudian kenapa harus dikeluarkan lagi sisanya, dan lain sebagainya. Jika mau difikirkan secara mendalam niscaya banyak sekali pengetahuan yang bisa diambil dari hal yang sudah dianggap biasa dan sewajarnya terjadi. Satu contoh dalam kehidupan yang setiap hari terjadi.

Setelah mampu menerapkan budaya berfikir kritis diharapkan akan muncul sebuah kreatifitas sebagai dampak dari pola pikir tersebut. Dengan kreatifitas pastilah hidup akan lebih bermakna. Lebih berasa mempunya arti.

Semoga bermanfaat, posting pertama make bahasa baku, hehe, tulisan ini dibuat justru ketika ane lagi kebingungan mau nulis apaan. Karena terlalu lama bingung akhirnya muncul anggapan bahwa ternyata ane tidak kreatif, karena tidak pernah berfikir kritis pada setiap hal. eh, gak nyangka karena itu malah jadi sebuah tulisan kayak gini. Tulisan yang sebenernya adalah curhatan untuk memotivasi diri sendiri.

2 komentar:

Sigli Cyber mengatakan...

kunjungan perdana slam kenal

Balas Komentar
fitran zain mengatakan...

@Sigli Cyber

lam kenal kembali gan

Balas Komentar

Posting Komentar

Free Leaf Cursors at www.totallyfreecursors.com