Sabtu, 12 Januari 2013

Manfaat Menulis Catatan Harian

Pertama. Menulis bermanfaat bagi kesehatan mental seseorang.
Profesor psikologi Universitas Texas, James W. Pennebaker, Ph.D., dalam bukunya Opening Up: The Healing Power of Expressing Emotions menulis bahwa “kondisi mental orang yang biasa mengekspresikan emosi dan isi pikiran dengan cara menulis lebih stabil jika dibandingkan dengan orang yang tidak terbiasa menulis.” Penulis aktif lebih mampu mengendalikan stres.

Kedua. Mengasah daya kreativitas dan kepandaian Anda.
Tentu saja dengan permainan kata yang Anda lakukan setiap hari akan membuat Anda semakin kreatif dalam memainkan dan merangkai kata tersebut. Beberapa website untuk belajar menulis sebuah catatann harian adalah kompasiana, blogdetik, wordpress indonesia. Anda akan menemukan banyak tulisan yang bergaya, menurut saya, sebuah catatan harian.

Ketiga. Membantu penyusunan autobiografi diri Anda sendiri.
Anda tentu tidak akan tahu apa yang akan terjadi dengan diri Anda 3, 5, 10, 20 tahun yang akan datang, Saat ini Anda mungkin seseorang yang masih sangat biasa. Tapi banyak hal yang berubah dalam beberapa tahun yang akan datang. Kalau Anda sekarang seroang pelajar mungkin saja beberapa tahun yang akan datang Anda adalah seorang pelajar dengan nilau UAN tertinggi, ataukah dengan nilai UAN sempurna. Jika Anda sekarang Anda masih merintis bisnis Anda, mungkin 5 hingga 10 tahun yang akan datang Anda bisa mengalahkan bob sadino, abu rizal bakrie, ataupun pengusaha ternama lainnya.

Keempat. Catatan harian adalah salah satu sumber uang Anda.

Salah satu contohnya adalah Dr. dr. Faisal Baraas, Direktur Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta, adalah salah satu contoh penulis catatan harian yang aktif. Sejak kuliah hingga ditugaskan menjadi dokter, dia rutin menulis buku diarynya, bahkan hingga di usia yang telah tua. Umumnya berisi kisah-kisah dan keluhan pasien yang berobat padanya. Isi buku diary Faisal Baraas dulu sudah diterbitkan menjadi buku komersial dengan judul Catatan Harian Seorang Dokter, dan mendapat penghargaan sebagai buku terbaik. Isinya bukan soal ilmu medis, tapi kehidupan sosial dan aspek humanis dari pasien-pasiennya.
Bukan mustahil, isi buku diary anda kelak menjadi bahan utama untuk buku yang anda tulis, dan menjadi sumber penghasilan anda melalui royalti apabila buku itu laris-manis.
Jika Anda, mengonlinekan catatan harian Anda, seperti yang saya lakukan ini Anda bisa memasang iklan di catatan harian Anda. Mulai dari sitti, kumpul blogger, IBN, kliksaya, dll.

Kelima. Membuat hidup Anda menjadi transformatif.
Hidup Anda akan mengalami sebuah proses transformasi yang secara sadar atau tidak akan terjadi. Karena Anda akan menuliskan kelemahan dan kekuatan yang dimiliki secara sadar ataupun tidak. Sehingga yang perlu dilakukan adalah menulis dan secara teratur, melakukan evaluasi secara berkala dan pada akhirnya anda mengalami sebuah proses trasformasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Free Leaf Cursors at www.totallyfreecursors.com